Search
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Miracle Multi Language
Latest topics
» Ketahui Cara Minum Kopi yang Benar
Wed Sep 23, 2015 3:46 pm by miracle

» Rollaas Macadamian Nuts
Tue Sep 15, 2015 4:09 pm by dstations

» Belanja di Mal Terbesar Manila
Sat Aug 29, 2015 6:56 pm by vertical

» Metro Resort Pratunam - Bangkok, Thailand
Mon Aug 17, 2015 10:10 pm by vertical

» 10 Wisata Gratis di Tokyo
Fri Jul 24, 2015 10:00 pm by vertical

» SIM CARD di Thailand
Fri Jul 17, 2015 9:38 pm by vertical

» Berkah Bilih Danau Singkarak
Mon Jun 15, 2015 9:01 pm by hestijunianatha

» 12 Tempat Wisata di Sekitar Jakarta
Mon Jun 15, 2015 8:56 pm by hestijunianatha

» Benteng Terluas di Dunia Ada di Buton
Mon Jun 15, 2015 8:52 pm by hestijunianatha

Miracle Mailing List

Enter your email address:

Toko Online
BEE LA VISTA TRAVEL

Tana Toraja Disiapkan Jadi New Heritage

View previous topic View next topic Go down

Tana Toraja Disiapkan Jadi New Heritage

Post  vertical on Wed Nov 14, 2012 2:52 pm



Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan Masykur Sulthan mengatakan pembangunan Bandara Buntu Kunik di Kabupaten Toraja harus segera dirampungkan pada 2014 mendatang. Sebab, pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga akan membangun New Heritage Toraja (Pusat Keunggulan Budaya Baru Toraja).

“Bandara salah satu yang mendukung adanya New Heritage Toraja ini,” kata Masykur, melalui sambungan telepon, Senin, 8 Oktober.

Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan turut dilibatkan dalam pembahasan proyek tersebut karena Pusat Keunggulan Budaya Baru Toraja harus didukung dengan akses transportasi yang memadai. Karena itu, kata Masykur, pihaknya bersama dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Toraja menyusun masterplan New Heritage Toraja.

“Masterplannya masih dibahas bersama, jadi kapan waktu dimulainya proyek ini, nanti setelah semuanya rampung,” kata Masykur.

Rencana pembangunan New Heritage Toraja ini, menurut Masykur, untuk mengembalikan predikat Toraja sebagai daerah budaya. Sebab, dahulu Toraja dikenal sebagai daerah yang memiliki beragam budaya dan menjadi salah satu poin yang menarik banyak wisatawan. “Pemerintah akan membangun pusat keunggulan budaya baru ini untuk melestarikan budaya-budaya yang ada di sana,” ujarnya.

Masykur menjelaskan, pada awal 2013, konstruksi bandara mulai dikerjakan. Saat ini, pihaknya masih dalam proses pematangan lahan. Pematangan lahan membutuhkan anggaran sekitar Rp 200 miliar dari APBN, tapi yang baru dicairkan sebesar Rp 50 miliar. Masykur enggan menjelaskan secara terperinci penggunaan dana Rp 200 miliar tersebut.

Dia melanjutkan, total investasi pembangunan bandara tersebut sebesar Rp700 miliar dari APBN. Kata dia, ada juga dana dari pemerintah provinsi dan pemerintah Toraja. Tapi, dia menolak untuk menyebutkan besaran dana yang disiapkan dalam APBD Sulawesi Selatan dan Toraja.

Untuk pembangunan pusat keunggulan budaya baru, dia melanjutkan, pemerintah Toraja menyiapkan kawasan seluas 300 hektare. Posisi bandara itu berada dalam kepungan kawasan New Heritage Toraja. Jadi, bagi wisatawan yang dari luar negeri maupun dalam negeri bisa melihat langsung pusat keunggulan budaya baru tersebut. “Wisatawan dari luar seperti Singapura, Malaysia, bisa langsung ke Toraja,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan Syuaib Mallombasi belum dapat dimintai konfirmasi. Dia sedang berada di Jakarta. Namun, juru bicara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Agus Sumanteri, mengatakan rencana pembangunan Pusat Keunggulan Budaya Baru Toraja merupakan bagian dari program wisata Sulawesi Selatan. Dengan adanya pusat budaya ini, maka secara tidak langsung pemerintah telah mengupayakan kesejahteraan bagi masyarakat Toraja. “Pembangunan pusat budaya ini harus didukung dengan bandara,” kata Agus.

Spoiler:
  • kompas




vertical

Jumlah posting : 168
Join date : 2010-03-30

http://miracle.fullboards.com

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum