Search
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Miracle Multi Language
Latest topics
» Ketahui Cara Minum Kopi yang Benar
Wed Sep 23, 2015 3:46 pm by miracle

» Rollaas Macadamian Nuts
Tue Sep 15, 2015 4:09 pm by dstations

» Belanja di Mal Terbesar Manila
Sat Aug 29, 2015 6:56 pm by vertical

» Metro Resort Pratunam - Bangkok, Thailand
Mon Aug 17, 2015 10:10 pm by vertical

» 10 Wisata Gratis di Tokyo
Fri Jul 24, 2015 10:00 pm by vertical

» SIM CARD di Thailand
Fri Jul 17, 2015 9:38 pm by vertical

» Berkah Bilih Danau Singkarak
Mon Jun 15, 2015 9:01 pm by hestijunianatha

» 12 Tempat Wisata di Sekitar Jakarta
Mon Jun 15, 2015 8:56 pm by hestijunianatha

» Benteng Terluas di Dunia Ada di Buton
Mon Jun 15, 2015 8:52 pm by hestijunianatha

Miracle Mailing List

Enter your email address:

Toko Online
BEE LA VISTA TRAVEL

Pulau Asu-Nias

View previous topic View next topic Go down

Pulau Asu-Nias

Post  miracle on Sat Sep 22, 2012 8:09 pm


Pulau Asu
Foto:lettersforluv
Dalam bahasa Jawa kata asu berarti anjing. Kata asu juga sering digunakan sebagai umpatan atau cacian terhadap orang lain. Namun lain halnya di Nias, di daerah ini kata asu digunakan untuk menamai sebuah pulau kecil dengan pantainya yang cantik, yaitu Pulau Asu. Pulau terpencil ini termasuk dalam Kepulauan Hinako dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Luas pulau ini kurang lebih 18 km2, dengan penghuni tetap sekitar 20 kepala keluarga.

Bagi Anda yang ingin melepaskan diri dari rutinitas kehidupan kota yang membosankan, pulau ini memberi semua yang Anda inginkan. Situasi yang tenang, nyaman, serta keramahan warga setempat, akan membuat Anda betah tinggal berlama-lama di Pulau Asu. Di Pulau ini Anda dapat melakukan berbagai aktivitas, mulai dari berjemur di pantai, berenang, tracking keliling pulau, memancing, hingga surfing.


Pantai Pulau asu
foto:enviro99
Meskipun lokasi Pulau Asu sangat terpencil dan jauh dari fasilitas yang mewah, hal ini tidak mengurangi minat wisatawan untuk berkunjung. Hal itu terlihat dari animo wisatawan yang datang ke sana. Mereka tidak hanya berasal dari Indonesia, banyak di antaranya merupakan wisatawan mancanegara.

Pulau Asu memiliki pantai yang sangat indah dengan air laut yang jernih serta butiran pasir putih yang lembut. Sejauh mata memandang, terlihat birunya langit yang bertemu dengan birunya laut di batas horison. Nyiur pohon kelapa yang melambai tertiup angin berpadu dengan irama ombak, menjadikan suasana terasa damai dan tenang.

Di pantai ini Anda dapat berjemur, berenang, menyelam, atau hanya sekadar bermain-main saja. Sedangkan bagi Anda yang suka berselancar, pantai ini merupakan tempat yang tepat untuk Anda. Ombak di tempat ini bisa mencapai ketinggian 3-4 meter, sehingga sangat bagus untuk berselancar. Namun Anda juga harus berhati-hati, karena di beberapa tempat pantai ini memiliki karang-karang yang tajam.


Berselancar di Pantai Pulau Asu
Foto: fokusniasbarat
Jika ingin menikmati petualangan yang berbeda, menjelajah pulau mungkin dapat menjadi pilihan yang patut dicoba. Anda dapat mengitari Pulau Asu dengan berjalan kaki mengikuti garis pantai. Di sepanjang jalan kemungkinan Anda akan menemukan daun subang-subang (scaveola tacada), penduduk lokal menyebutnya daun rafe-rafe. Daun ini termasuk sulit ditemukan di tempat lain dan berfungsi sebagai obat anti diabetes. Setelah lelah mengitari Pulau Asu, Anda dapat kembali duduk di tepian pantai sembari menikmati senja, karena saat itu pemandangan akan semakin indah. Matahari yang berada di ufuk barat secara perlahan tenggelam ke dasar laut.


Senja di Pulau Asu
Foto: Enviro99
Bagi Anda yang suka memancing, tempat ini menyediakan perahu yang dapat Anda sewa. Memancing di malam hari akan menjadi pengalaman tersendiri. Langit tanpa awan dan dihiasi bintang-bintang akan menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan. Ditambah lagi plankton yang berpendar di sekitar kapal menciptakan suasana magis yang akan selalu Anda kenang.
Secara administratif Pulau Asu masuk dalam wilayah Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias, Sumatra Utara, Indonesia.

Untuk mencapai Pulau Asu, Anda dapat menggunakan pesawat dari Bandara Polonia Medan ke Bandara Binaka, Gunung Sitoli, Kabupaten Nias. Dari Gunung Sitoli Anda melanjutkan perjalanan ke Sirombu, perjalanan ini memakan waktu 1-2 jam. Dari Sirombu ada dua pilihan untuk menuju ke Pulau Asu. Anda dapat menumpang kapal reguler atau menggunakan speed boat. Jika Anda memilih menggunakan kapal reguler, Anda hanya membayar Rp30.000,00 per orang dengan waktu tempuh 2 jam. Hal ini dikarenakan kapal harus transit beberapa kali di pulau tetangga. Namun, jika Anda memilih untuk menggunakan speed boat, Anda hanya memerlukan waktu 40 menit, dengan biaya Rp100.000,00 per orang (Oktober 2008).
Untuk mengunjungi Pulau Asu Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Yang harus Anda persiapkan adalah biaya perjalanan serta penginapan.


Penginapan di pulau asu
Foto: Fokusniasbarat
Meskipun lokasinya terpencil, Pulau Asu memiliki beberapa fasilitas yang dapat Anda nikmati. Di pulau ini terdapat beberapa kompleks cottage sederhana. Masing-masing kompleks terdiri dari 5-6 unit rumah panggung. Harga sewa bervariasi tergantung dari pintar-pintarnya Anda menawar. Selain cottage, di Pulau Asu juga terdapat warung ataupun rumah makan yang menyediakan makanan untuk para wisatawan. Bagi Anda yang gemar memancing, Anda dapat menyewa kapal untuk memancing di tengah laut. Jika Anda ingin mendapatkan fasilitas yang lebih nyaman dan lengkap, Anda dapat kembali ke Kota Kecamatan Sirombu untuk menginap di sana.

Sumber: Elisabeth Murni-Wisata Melayu

_________________
indah pada waktuNYa


miracle

Jumlah posting : 367
Join date : 2010-03-30

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum