Search
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Miracle Multi Language
Latest topics
» Ketahui Cara Minum Kopi yang Benar
Wed Sep 23, 2015 3:46 pm by miracle

» Rollaas Macadamian Nuts
Tue Sep 15, 2015 4:09 pm by dstations

» Belanja di Mal Terbesar Manila
Sat Aug 29, 2015 6:56 pm by vertical

» Metro Resort Pratunam - Bangkok, Thailand
Mon Aug 17, 2015 10:10 pm by vertical

» 10 Wisata Gratis di Tokyo
Fri Jul 24, 2015 10:00 pm by vertical

» SIM CARD di Thailand
Fri Jul 17, 2015 9:38 pm by vertical

» Berkah Bilih Danau Singkarak
Mon Jun 15, 2015 9:01 pm by hestijunianatha

» 12 Tempat Wisata di Sekitar Jakarta
Mon Jun 15, 2015 8:56 pm by hestijunianatha

» Benteng Terluas di Dunia Ada di Buton
Mon Jun 15, 2015 8:52 pm by hestijunianatha

Miracle Mailing List

Enter your email address:

Toko Online
BEE LA VISTA TRAVEL

In love with Kain Nusantara

View previous topic View next topic Go down

In love with Kain Nusantara

Post  dstations on Mon Apr 18, 2011 2:23 pm


Pada hari keenam Jakarta Fashion Week 2010/2011, 11 November 2010 sepuluh anggota IPMI (Ikatan Perancang Mode Indonesia) menampilkan karya-karyanya. Mereka adalah Liliana Lim, Kanaya Tabitha, Stephanus Hammy, Valentino Napitupulu, Yongki B., Sutanto D., Tuti C. Widi M., Era Soekamto dan anggota termudanya, Adesagi Kirana.

Koleksi busana yang ditampilkan cukup beragam mulai dari busana siap pakai hingga couture. Mereka bersepakat untuk menampilkan Precious Indonesia sebagai interpretasi dari tema besar Jakarta Fashion Week 2010/2011, yaitu Styling Modernity. Semua desainer mengemas kain dan motif khas Indonesia dengan modern sesuai dengan interpretasinya masing-masing.

Liliana Lim dengan tema 2011, menampilkan motif tenun dalam gaun mini berpotongan tegas. Motif tenun digabungkan dengan bahan warna abu-abu menjadi terlihat sangat modern. "Saya mengaplikasikan motif daerah dalam busana dengan cutting simplicity. Cocok untuk wanita modern yang energik dan dinamis," kata Liliana.

Kanaya T. menampilkan koleksi dari line KATA dengan tema Secret Journey. Gaun-gaun dengan warna berani, berbahan jatuh dan lembut merupakan interpretasi Kanaya akan keindahan alam Indonesia bagian timur. Lalu, Stephanus Hamy, menampilkan karya dari olahan kain Gendongan yang berasal dari Jawa Tengah. Kain tersebut memang sangat kaku dan tidak banyak yang menjadikannya sebagai busana, tetapi di tangan Hamy, bisa menjadi busana indah.

"Bentuknya seperti rami, kaku dan keras. Sangat cocok jika ingin membuat desain yang lebih struktural. Jika cukup diminati saya akan mengolah kain tersebut menjadi lebih lembut," kata Stephanus Hamy.

Rancangan Napitupulu pun terinspirasi dari latar belakangnya yang berdarah Batak. Dengan tema Ethnician of Toba, Valentino menjadikan motif-motif khas Toba menjadi terlihat lebih lembut dengan mengaplikasikannya di atas bahan sutra.

"Saya sebenarnya membuat batik Toba di atas bahan lembut seperti sutra dan sifon. Hal ini karena saya ingin mengubah pendapat banyak orang yang cenderung menganggap orang Batak kaku dan keras. Dengan motif tersebut saya menunjukkan kalau orang Batak bisa romantis dan modern," kata Valentino.

Yongki B. menampilkan koleksi busana couture dengan tema Touch of Nusantara. Ia membuat batik terlihat lebih rock, dengan memadukannya dengan warna metalik. Sedangkan, Sutanto D. dengan tema Beauty of Nature, menampilkan karya yang sangat penuh warna dan elegan.

Tuti Cholid, kembali mengeksplor motif kain Indonesia dan banyak menggunakkan bahan sutra. Kali ini ia mengangkat motif Andalas. Widi Budi Mulia dengan tema Bohemian Luixury, menampilkan busana gaya bohemian tetapi dengan cara yang mewah. Ia mengandalkan batu kristal sebagai detail.

Adesagi Kirana menampilkan koleksi busana yang berbeda. Ia membuat gaun mini dengan bentuk rok melebar, penuh detail pola yang sangat unik. Warna merah, hitam dan putih mendominasi. Coretan besar yang berantakan pun dijadikan aksen pada salah satu gaun untuk menggambarkan kebebasan yang ingin ia tonjolkan.

dstations

Jumlah posting : 188
Join date : 2010-10-18

http://d-stations.com

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum